Breaking News

Rabu, 08 Maret 2017

RPP Mapel Matematika Kelas 7 semester 2





RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan       : MTsN Tembok Kacang
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / semester          : VII / 2
Materi pembelajaran    : Garis dan Sudut
AlokasiWaktu             : 3x 40 menit

A.    KompetensiInti
1.      Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator pencapaian kompetensi
1
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1 Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2
2.1 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.1.1Suka bertanya selama proses pembelajaran
2.1.2 Berani presentasi di depan kelas

3
3.12 Memahami berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam pemecahan masalah nyata.
3.12.1Menjelaskan posisi titik, garis, dan bidang
3.12.2Menjelaskan kedudukan dua garis
4
4.10Menerapkan berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian matematis serta pemecahan masalah nyata.
4.10.1Menggunakan konsep titik, garis, dan bidang serta kedudukan dua garis dalam menyelesaikan masalah


C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui pengamatan, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasilnya diharapkan peserta didik dapat :
1.      Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.      Suka bertanya selama proses pembelajaran, baik kepada guru ataupun saling bertanya di antara teman sendiri.
3.      Berani presentasi di depan kelas.
4.      Menjelaskan posisi titik terhadap garis.
5.      Menjelaskan posisi titik terhadap bidang.
6.      Menjelaskan posisi garis terhadap bidang.
7.      Menjelaskan kedudukan dua garis menggunakan benda konkrit.
8.      Menggunakan konsep titik, garis, dan bidang serta kedudukan dua garis dalam menyelesaikan masalah.

D.    MateriAjar

a.        Titik, Garis, dan Bidang
  • Titiktidak memiliki ukuran, dinotasikan dengan noktah dan penggunaannya menggunakan huruf kapital
  • Garis adalah deretan titik–titik ( bisa tak terhingga jumlahnya) yang saling bersebelahan dan memanjang kedua arah.
  • Bidang dipresentasikan oleh permukaan meja atau dinding.
  • Posisi titik terhadap garis







  • Posisi titik terhadap bidang






  • Posisi garis terhadap bidang
Garis  terletak di bidang







-          Garis terletak pada bidang

b.       Kedudukan Dua Garis
  • Dua Garis Sejajar, Dua garis dikatakan sejajar jika kedua garis terletak satu bidang dan jika diperpanjang tidak akan berpotongan.
  • Dua Garis Berpotongan, Dua garis dikatakan berpotongan jika kedua garis itu mempunyai sebuah titik potong ( titik persekutuan).
  • Dua Garis Berhimpit, Dua garis dikatakan berimpit jika kedua garis mempunyai paling sedikit dua titik potong. Misalnya jam dinding yang menunjukkan pukul 12.00 dimana jarum jamnya saling berhimpit
E.     Metode/model/pendekatanpembelajaran
Pendekatan           :  Saintifik (scientific).
Model                    :  Kooperatif
Metode                  :Pemberian tugas,diskusi kelompok dan pemecahanmasalah
F.     KegiatanPembelajaran
Konsep titik, garis dan bidang

Kegiatan

                                          Deskripsi
AlokasiWaktu
Fase-1
Menyampaikantujuandanmemotivasisiswa





















Fase-2
Menyajikaninformasi



KegiatanPendahuluan
§  Membukapelajarandengansalampembukadanberdo’a
§  Memeriksakehadiransiswasebagaisikapdisiplin
§  Menyampaikantujuanpembelajaran yang akandicapai
Apersepsi :
§  Mengajukanpertanyaan-pertanyaanuntukmengingatkansiswatentangkonseptitik,garis dan sudut.misalnya: apa pengertian garis .
Motivasi :                              
§  Memotivasisiswadengancaramenunjukkancontoh-contohaplikasidalamkehidupansehari-harisepertiberikut:

Pernahkah kalian memperhatikan Jembatan yang ada didaerah dirumah kalian? Sekarang pikirkan jembatan merupakan struktur penghubung antara dua tempat yang terpisah.misal di pisahkan oleh sungai.
Andai sisi kiri sungai sebagai titik A, sisi kanan sungai titik B, dan ruas garis AB merepresentasikan jembatan itu sendiri. Adanya ruas garis AB menjadikan dua titik A dan B terhubung.
Coba kalian lihat meja yang ada di depan kalian di permukaan meja itu disebut bidang.,
Guru mengkomunikasikantujuanbelajardanhasilbelajar yang diharapkanakandicapaisiswa
§  Guru menginformasikancarabelajar yang akanditempuh (pengamatandisertaitanyajawab, penugasandandiskusikelompok, pembahasantugassecaraklasikal, pemajanganhasiltugas)


10 menit
Fase- 3
Mengorganisasisiswakedalamkelompok-kelompokbelajar








Fase-4
Membimbingkelompokbekerjadanbelajar







Fase-5
Evaluasi
KegiatanInti
Mengamati:
§  Pesertadidikdikelompokkansecaraheterogen, masing-masingkelompokterdiridari 5 orang danmenjelaskankegiatan pembelajaran yang akan berlangsung hari ini.
§  Guru menyampaikanmateritentangkonsep titik, garis dan bidang, serta kedudukan dua garis.
§  SetiapkelompokdiberiLembarKerjaSiswa yang berkaitandenganmasalahsehari-hariyang berhubungan dengan titik, garis dan bidang, serta kedudukan dua garis.
§  Siswamembacadanmengamatipermasalahan yang diberikanpada LKS
Menanya :
§   Siswadimintauntukmenyelesaikanpermasalahandengancaranyasendiri.
Mengumpulkaninformasi
§   Siswadalamsetiapkelompokdiarahkanuntukmenyelesaikanmasalah yang diberikanmenggunakan konsep titik, garis dan bidang, serta kedudukan dua garis.
Mengasosiasikan:
§   Siswaberdiskusibersamakelompoknyauntukmenyelesaikanmasalahpada LKS dengancaramengubungkannyadenganpengetahuan yang telahmerekamiliki.
Mengomunikasikan :
§   Beberapasiswamenyampaikanhasildiskusikelompoknyapadakelompok lain dansiswa lain menanggapihasildiskusidarikelompok yang tampil.
§   Siswamengerjakansoalindividusebagailatihan.
60 Menit
Fase-6
Memberikanpenghargaan
Penutup
§   Siswadenganbimbingan guru, membuatkesimpulantentangkonsep titik,garis dan bidang, serta kedudukan dua garis.
§   Siswamejawabpertanyaanrefleksi.
§   Guru memberikanfeedbackataupenghargaan.
§   Siswadiberikantugasrumah (PR).
§   Guru menginformasikanmateriselanjutnya.
§   Guru mengakhiripelajarandengancaramengaitkanmateridengannilai-nilai agama dansosial.
10 menit

G.    Sumber, Media,  AlatdanBahanPembelajaran
Ø  SumberPembelajaran :
-          Kemendikbud. Edisi revisi 2014.MatematikaBukusiswakelasVII. Jakarta :
PoliteknikNegeri Media Kreatif
-          Buku penunjang matematika kelas VII yang lain
Ø  Media PembelajarandanAlat :
-          Jangka                              - Penggaris
-          Busur                                - Laptop

H.    PenilaianHasilBelajar
a.    Penilaian Spiritual                  
1.    Teknik                     : Observasi
2.    Bentuk Instrumen   : Lembar pengamatan perilaku spiritual (terlampir)
3.    Kisi-kisi                  :
No.
Indikator
ButirInstrumen
1.
Bersemangatdalammengikutipembelajaranmatematika.
1





b.    PenilaianSikap Sosial
1.    Teknik                     : Observasi
2.    Bentuk Instrumen   : Lembar pengamatan perilaku sosial (terlampir)
3.    Kisi-kisi                  :

No.
Indikator
ButirInstrumen
1.
Suka bertanya selama proses pembelajaran.
1
2.
Berani presentasi di depan kelas.
2



c.    PenilaianPengetahuan
1.    Teknik                     : Tes tertulis
2.    Bentuk Instrumen   : Uraian (terlampir)
3.    Kisi-kisi                  :
No.
Indikator
ButirInstrumen
1.
Menjelaskan posisi titik, garis, dan bidang.
1,2
2.
Menjelaskan kedudukan dua garis
3,4,5





d.   PenilaianKeterampilan
1.    Teknik                     : Projek
2.    Bentuk Instrumen   : Lembar penilaian projek (terlampir)
3.    Kisi-kisi                  :

No.
Indikator
ButirInstrumen
1.
Menggunakan konsep titik, garis, dan bidang serta kedudukan dua garis dalam menyelesaikan masalah.
1











Mengetahui,
Kepala MTs.N Tembok Kacang


WASTARIDDARIMA, M.Pd
NIP. 19700805 199503 2 002




Tembok Kacang, Januari  2017
Guru Mapel Matematika.


ARIANTO TANDIKA, S.Pd
NIP. 19780817 200710 1 007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog