RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : MTsN Tembok Kacang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / semester : VII / 2
Materi pembelajaran : Garis dan Sudut
AlokasiWaktu : 3x
40 menit
A. KompetensiInti
1.
Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
1
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1 Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
|
2
|
2.1 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada
matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
|
2.1.1Suka bertanya selama proses pembelajaran
2.1.2 Berani presentasi di depan kelas
|
3
|
3.12 Memahami berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam pemecahan
masalah nyata.
|
3.12.1Menjelaskan posisi titik, garis, dan bidang
3.12.2Menjelaskan kedudukan dua garis
|
4
|
4.10Menerapkan berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam
pembuktian matematis serta pemecahan masalah nyata.
|
4.10.1Menggunakan konsep titik, garis, dan bidang serta kedudukan dua
garis dalam menyelesaikan masalah
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui
pengamatan, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan hasilnya diharapkan peserta didik dapat :
1.
Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.
Suka bertanya selama proses pembelajaran, baik kepada
guru ataupun saling bertanya di antara teman sendiri.
3.
Berani presentasi di depan kelas.
4.
Menjelaskan posisi titik terhadap garis.
5.
Menjelaskan posisi titik terhadap bidang.
6.
Menjelaskan posisi garis terhadap bidang.
7.
Menjelaskan kedudukan dua garis menggunakan benda
konkrit.
8.
Menggunakan konsep titik, garis, dan bidang serta kedudukan
dua garis dalam menyelesaikan masalah.
D. MateriAjar
a.
Titik, Garis, dan Bidang
- Titiktidak memiliki ukuran, dinotasikan dengan noktah dan penggunaannya menggunakan huruf kapital
- Garis adalah deretan titik–titik ( bisa tak terhingga jumlahnya) yang saling bersebelahan dan memanjang kedua arah.
- Bidang dipresentasikan oleh permukaan meja atau dinding.
- Posisi titik terhadap garis
- Posisi titik terhadap bidang
Garis
terletak di bidang
|
|
-
Garis
terletak pada bidang
b.
Kedudukan Dua Garis
- Dua Garis Sejajar, Dua garis dikatakan sejajar jika kedua garis terletak satu bidang dan jika diperpanjang tidak akan berpotongan.
- Dua Garis Berpotongan, Dua garis dikatakan berpotongan jika kedua garis itu mempunyai sebuah titik potong ( titik persekutuan).
- Dua Garis Berhimpit, Dua garis dikatakan berimpit jika kedua garis mempunyai paling sedikit dua titik potong. Misalnya jam dinding yang menunjukkan pukul 12.00 dimana jarum jamnya saling berhimpit
E. Metode/model/pendekatanpembelajaran
Pendekatan : Saintifik (scientific).
Model : Kooperatif
Metode :Pemberian tugas,diskusi
kelompok dan pemecahanmasalah
F. KegiatanPembelajaran
Konsep titik, garis dan bidang
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
Fase-1
Menyampaikantujuandanmemotivasisiswa
Fase-2
Menyajikaninformasi
|
KegiatanPendahuluan
§ Membukapelajarandengansalampembukadanberdo’a
§ Memeriksakehadiransiswasebagaisikapdisiplin
§ Menyampaikantujuanpembelajaran
yang akandicapai
Apersepsi :
§ Mengajukanpertanyaan-pertanyaanuntukmengingatkansiswatentangkonseptitik,garis
dan sudut.misalnya: apa
pengertian garis .
Motivasi :
§ Memotivasisiswadengancaramenunjukkancontoh-contohaplikasidalamkehidupansehari-harisepertiberikut:
Pernahkah kalian memperhatikan Jembatan yang ada
didaerah dirumah kalian? Sekarang pikirkan jembatan merupakan struktur
penghubung antara dua tempat yang terpisah.misal di pisahkan oleh sungai.
Andai sisi kiri sungai sebagai titik A, sisi kanan
sungai titik B, dan ruas garis AB merepresentasikan jembatan itu sendiri.
Adanya ruas garis AB menjadikan dua titik A dan B terhubung.
Coba kalian lihat meja yang ada di depan kalian di
permukaan meja itu disebut bidang.,
Guru
mengkomunikasikantujuanbelajardanhasilbelajar yang diharapkanakandicapaisiswa
§ Guru
menginformasikancarabelajar yang akanditempuh (pengamatandisertaitanyajawab,
penugasandandiskusikelompok, pembahasantugassecaraklasikal,
pemajanganhasiltugas)
|
10 menit
|
Fase- 3
Mengorganisasisiswakedalamkelompok-kelompokbelajar
Fase-4
Membimbingkelompokbekerjadanbelajar
Fase-5
Evaluasi
|
KegiatanInti
Mengamati:
§ Pesertadidikdikelompokkansecaraheterogen,
masing-masingkelompokterdiridari 5 orang danmenjelaskankegiatan pembelajaran
yang akan berlangsung hari ini.
§ Guru
menyampaikanmateritentangkonsep titik, garis dan
bidang, serta kedudukan dua garis.
§ SetiapkelompokdiberiLembarKerjaSiswa yang
berkaitandenganmasalahsehari-hariyang berhubungan dengan titik, garis dan
bidang, serta kedudukan dua garis.
§ Siswamembacadanmengamatipermasalahan
yang diberikanpada LKS
Menanya :
§ Siswadimintauntukmenyelesaikanpermasalahandengancaranyasendiri.
Mengumpulkaninformasi
§ Siswadalamsetiapkelompokdiarahkanuntukmenyelesaikanmasalah
yang diberikanmenggunakan konsep titik, garis dan bidang, serta kedudukan dua garis.
Mengasosiasikan:
§ Siswaberdiskusibersamakelompoknyauntukmenyelesaikanmasalahpada
LKS dengancaramengubungkannyadenganpengetahuan yang telahmerekamiliki.
Mengomunikasikan :
§ Beberapasiswamenyampaikanhasildiskusikelompoknyapadakelompok
lain dansiswa lain
menanggapihasildiskusidarikelompok yang tampil.
§ Siswamengerjakansoalindividusebagailatihan.
|
60 Menit
|
Fase-6
Memberikanpenghargaan
|
Penutup
§ Siswadenganbimbingan
guru, membuatkesimpulantentangkonsep titik,garis dan bidang,
serta kedudukan dua garis.
§ Siswamejawabpertanyaanrefleksi.
§ Guru
memberikanfeedbackataupenghargaan.
§ Siswadiberikantugasrumah
(PR).
§ Guru
menginformasikanmateriselanjutnya.
§ Guru
mengakhiripelajarandengancaramengaitkanmateridengannilai-nilai agama
dansosial.
|
10 menit
|
G. Sumber,
Media, AlatdanBahanPembelajaran
Ø
SumberPembelajaran
:
-
Kemendikbud. Edisi revisi 2014.MatematikaBukusiswakelasVII. Jakarta :
PoliteknikNegeri
Media Kreatif
-
Buku penunjang matematika kelas VII yang lain
Ø
Media
PembelajarandanAlat :
-
Jangka -
Penggaris
-
Busur -
Laptop
H. PenilaianHasilBelajar
a.
Penilaian Spiritual
1.
Teknik :
Observasi
2.
Bentuk Instrumen :
Lembar pengamatan perilaku spiritual (terlampir)
3.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
ButirInstrumen
|
1.
|
Bersemangatdalammengikutipembelajaranmatematika.
|
1
|
b.
PenilaianSikap Sosial
1.
Teknik :
Observasi
2.
Bentuk Instrumen :
Lembar pengamatan perilaku sosial (terlampir)
3.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
ButirInstrumen
|
1.
|
Suka bertanya selama proses pembelajaran.
|
1
|
2.
|
Berani presentasi di depan kelas.
|
2
|
c.
PenilaianPengetahuan
1.
Teknik :
Tes tertulis
2.
Bentuk Instrumen :
Uraian (terlampir)
3.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
ButirInstrumen
|
1.
|
Menjelaskan posisi titik, garis, dan bidang.
|
1,2
|
2.
|
Menjelaskan kedudukan dua garis
|
3,4,5
|
d.
PenilaianKeterampilan
1.
Teknik :
Projek
2.
Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian projek (terlampir)
3.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
ButirInstrumen
|
1.
|
Menggunakan konsep titik, garis, dan bidang serta kedudukan dua garis
dalam menyelesaikan masalah.
|
1
|
Mengetahui,
Kepala MTs.N Tembok Kacang
WASTARIDDARIMA, M.Pd
NIP. 19700805
199503 2 002
|
|
Tembok Kacang, Januari
2017
Guru Mapel Matematika.
ARIANTO TANDIKA, S.Pd
NIP. 19780817 200710 1 007
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar